Saturday 15 March 2014

Padang 13 Jendela #Tahun ini harus terbit!













PADANG 13 JENDELA
RAGD!

APA YANG KITA KEJAR KALAU BUKAN KEBAHAGIAAN?
Bahkan, ketika pintu-pintu terkunci, kita pun berani lompat jendela!


1.       [rumah] family
Ramdo; mampukah dia bertahan demi Pepo dan Niy, anaknya, sementara sang istri sudah serupa mayat hidup?

2.       [rumah sakit] hope
Nyaris lumpuh total di RS, Granita berusaha meruntuhkan egonya dengan menyuruh suaminya menikah lagi dengan perempuan yang pernah hampir menikah dengan Ramdo. Dia akan menyampaikan sore nanti ketika suaminya datang.

3.        [kereta api] journey
Titi belum juga menikah. Dia meninggalkan lelaki yang dicintainya (Ramdo) untuk menikah dengan lelaki lain pilihan orang tuanya. Namun, satu jam sebelum akad nikah, lelaki itu membatalkannya. Untuk balik kepada Ramdo, dia tidak berani, meski jauh di dasar hati dia masih mencintai Ramdo. Sabtu itu, dia naik kereta api bersama tiga orang teman sekantornya untuk menghadiri pernikahan seorang rekan kerja mereka di Pariaman.

4.       [sekolah] dream
Teacher  Rella begitu penasaran mengapa Pepo suka sekali menggambar serbahitam dan tiba-tiba menangis tanpa suara walau sebelumnya tidak ada persoalan apa-apa. Rella menyukai teman kakaknya yang tinggal di masjid sebagai garin, Fata. Fata sedang kuliah S-2. Di samping itu dia juga mengajar baca Quran di TPA dan Pesantren.

5.        [masjid] reflection
Dedryo harus memutuskan: segera pergi ke toko muslimah untuk membeli satu stel mukenah putih sulaman tangan dan menyebutkan sebuah tanggal untuk datang menemui orang tua Sandriva atau tetap di kamar itu, menuruti hasratnya terhadap Fata sehingga masa depannya hancur selama-lamanya.

6.        [kafe] friendship
Sandriva membiarkan dirinya tergoda oleh lelaki sendu yang sering dia lihat dari kafe sedang bermain berdua anaknya di taman siteba itu karena istrinya yang lumpuh atau meneguhkan hati menunggu keberanian Dedryo yang masih menggantungnya.

7.       [ruko] fear
Aini bekerja sebagai pelayan di toko pedagang Cina dekat Jembatan Siti Nurbaya. Suaminya, Bambang, baru seminggu dapat kerja sebagai sopir taksi.

8.       [taksi] frustation
Mengetahui dirinya hamil, Oline pergi dari kantor dan menyetop taksi lalu menyuruh sopir membawanya. Bosnya, seorang pengusaha yang juga anggota DPRD telah memberinya uang untuk tutup mulut dan berjanji untuk menikahinya secara siri. Oline sekantor dengan Andiko.

9.       [layar/monitor] self
Andiko punya impian untuk pergi ke luar negeri. Dia telah menabung untuk menjadi backpacker. Dia rajin berkomunikasi dengan seorang  gadis Portugal yang sedang menulis buku seni unik. Dia mendapat tawaran menantang yang dapat membuat impiannya menjadi nyata. Sesuatu yang memalukan, sebenarnya.

10.   [kantor] homeland
Nanda sudah skeptis soal kesetiaan karena ibunya berencana menikah lagi, padahal ayahnya belum genap setahun meninggal dunia. Akhir pekan itu Nanda sengaja lembur di kantor untuk menyelesaikan proposalnya tentang pelestarian masakan tradisional. Seorang teman menyarankan Nanda menemui ibunya.

11.   [rumah gadang] country
Seorang ibu, Umi Raihanah, selesai memasak rendang bersama pembantunya untuk disumbangan ke asrama Pesantren Quran. Anak-anaknya telah sukses dan membangunkannya sebuah rumah gadang megah di Lubuk Minturun. Namun mereka tak pernah datang.

12.    [kamera] ironi/paradox
Seorang gadis berdarah Minang, Limpape, datang ke Padang dari Singapura untuk mencari tahu tanah asalnya. Namun dia tidak menemukan jejak apa-apa, kecuali tanah kosong yang dipagari seng, akan dibangun sebuah superblock.

13.    [hotel] lonely
Jevan menginap di Hotel Titanium setelah membunuh Sulbi. Dia bertemu dengan Limpape di Pantai Purus. Dia menemani gadis itu berkeliling kota Padang sambil merencanakan sesuatu.
Beberapa malam sebelumnya, dia pernah bersama Dedryo di K-Box Cafe.



Klimaks: Sabtu sore, 13.12.14, sebuah kereta api dari Pariaman menabrak mobil sedan Ramdo di perlintasan Lapai karena taksi di depannya berhenti mendadak. Di atas taksi itu ada Oline yang mendapat kabar buruk sehingga menjerit histeris. Di atas kereta, Titi sedang memandang keluar ketika dilihatnya tubuh Ramdo terlempar keluar dari sedan yang  tertabrak kereta.

1 comment: